Selasa, 27 April 2010

Prospektus SCHRODER 90 PLUS EQUITY FUND

Schroders sudah publish prospektusnya di website nya. Bagi yang membutuhkan, bisa didownload di sini.

Berikut ringkasan nya:


Bank Custodian : Citibank N.A
Kebijakan investasi : Schroder 90 Plus Equity Fund akan melakukan investasi minimum 90% (sembilan puluh persen) dan maksimum 100% (seratus persen) pada Efek bersifat ekuitas
Biaya manajer investasi : 2.5%
Biaya pembelian : minimum 1% maksimum 2%


Reksadana ini adalah reksadana paling agresif dari Schroders, karena penempatan di saham minimum 90% (rata-rata reksadana melakukan penempatan minimum 80%). 


Bank kustodiannya Schroders ini menarik, berbeda-beda semua :) Dana Prestasi Plus ada di Deutsche Bank; Dana Istimewa di HSBC; sedangkan 90 Plus ada di Citibank. 


PEMBAHASAN SINGKAT TENTANG BIAYA


Biaya manajer investasi produk ini rada tinggi; 2.5% , karena rata-rata biaya reksadana saham adalah 1.5%. 


Untungnya biaya ini masih dibawah reksadana sebelumnya, Dana Istimewa (1.5% management fee + 2.0% agen penjual - Dana Istimewa free subscription di awal, tapi tiap tahun kita harus membayar 2% yang dipotong dari NAB harian).


Berdasarkan data ini, untuk reksadana saham keluaran Schroders biaya manajer investasi termurah berdasarkan urutan adalah Dana Prestasi Plus (1.5%), 90 Plus (2.5%), dan Dana Istimewa (3.5%).
Selama indeks melaju kencang (return > 20%), biaya manajer investasi tidak terlalu signifikan dampaknya (reksadana A mendapatkan return 24%, reksadana B mendapatkan return 22% - kita cenderung mengabaikan perbedaan ini).


Akan tetapi ketika indeks mengalami perkembangan biasa-biasa saja (misalnya cuma 12%), maka biaya ini mulai terasa (reksadana A returnnya 12%, reksadana B return nya 10%); Apalagi kalau indeks mengalami return minim (misalnya return tahun ini cuma 2% - reksadana A returnnya 1%, reksadana B returnnya -1%!)...


Dengan struktur biaya seperti ini, berarti Dana Istimewa maupun 90 Plus harus mendapatkan return lebih besar daripada Dana Prestasi Plus untuk menyamai return SDPP (jadi andaikata return Dana Prestasi Plus 15% sebelum fee, maka 90 Plus mesti mendapatkan return 16% (6% lebih tinggi) dan Dana Istimewa mesti mendapatkan  17% (13% lebih tinggi daripada dana prestasi Plus).

Happy investing! :)

3 komentar:

  1. Sebenarnya, Schroder 90 Plus ini kurang efektif. Pertama, biayanya terlalu tinggi, dan kedua terlalu agresif. Tidak cocok untuk bursa kita dan juga investor kita. Saya pernah analisa kemampuan para fund manager di Schroders, meski orang-orangnya bagus tapi nggak terlalu hebat, mereka lebih cocok main di produk yang Index approach, alias komponen alokasi assetnya tersebar merata di indeks. 90 Plus ini lebih cenderung menggunakan pendekatan selective stocks, sementara orang di Schroders yang saya tahu nggak jago-jago amat soal Corporate Valuation. Suka terjebak dalam laporan keuangan emitten. Jadi saran sih kalo mau invest di Schroders mendingan ambil SDPP (Schroders Dana Prestasi Plus).

    BalasHapus
  2. dulu sekali.. saat web bapepam bisa diakses, kita jadi sedikit tau tentang gaya MI.
    panin yg pake value... trimegah, tempat saya terperosok, keknya beta-nya melebihi ihsg...
    klu schroders saya setuju sama komentar diatas..
    kebetulan saya ada unitlink (mixed) di Axa-mandiri yg ndilalah pengelolaannya juga schroders... (dlm 5 tahun returnya 2 kali lipat. 20% per tahun).

    BalasHapus
  3. Mo nanya dong, kalau bank kustodiannya apakah Bank Mandiri masuk di 18 bank kustodian yang rencananya akan menjual produk ini?

    Kalau diliat NAB nya sampai hari ini return nya bagus sekali ya produk ini (ga tau krn pengelola nya bagus atau krn memang IHSG lagi mendukung..??)

    BalasHapus